Definisi
E-Commerce ( Elecronic Commerce )
E-Commerce merupakan cara berdagang atau berbisnis dalam media online yang dibuat dalam bentuk website melalui internet,dimana website itu sendiri berisi detil barang-barang yang diperjual-belikan agar mempermudah bagi pembeli dalam memahami kriteria barang yang akan mereka beli.
Pada era yang serba maju seperti ini banyak pebisnis yang mau tak mau bisnis yang dijalani secara konvesional harus dikecimpungkan kedalam bisnis online.Ini dimaksudkan agar barang dagangan yang berada disuatu perusahaan atau toko dapat diakses melalui jaringan internet oleh para calom pembeli,sehingga pebisnis tidak perlu bersusah payah dalam pemasarannya.
Pada era yang serba maju seperti ini banyak pebisnis yang mau tak mau bisnis yang dijalani secara konvesional harus dikecimpungkan kedalam bisnis online.Ini dimaksudkan agar barang dagangan yang berada disuatu perusahaan atau toko dapat diakses melalui jaringan internet oleh para calom pembeli,sehingga pebisnis tidak perlu bersusah payah dalam pemasarannya.
Proses E-Commerce:
- Pembuatan wesite untuk produk dan layanan
- Pemesanan secara langsung dan adanya tagihan
- Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor kartu kredit maupun nomor rekening)
- Penaganan pembayaran yang dilakukan secara langsung(Online) dan penanganan transaksi.
- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan media Online channel yang biayanya lebih murah
- Mengurangi atau menekan biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas,seperti percetakan,biaya pos surat,report,dan sebagainya
- mengatasi keterlambatan dalam menggunakan transfer elektronik( pembayaran tepat waktu dan dapat langsung dicek )
- Mempercepat pelayanan kepelanggan,dan pelayanan lebih responsif.
Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Pertama, Insfrastruktur system distribusi (flow of good) kedua, Insfrastruktur pembayaran (flow of money) Dan Ketiga,Infrastruktur system informasi (flow of information).
Dalam hal kesiapan infrastruktur ecommerce, kami percaya bahwa logistics follow trade, bahwa semua transaksi akan diikuti oleh perpindahan barang dari sisi penjual kepada pembeli. Agar dapat terintegrasinya system rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa transportasi, hingga ke customer maka diperlukan integrasi enterprise system untuk menciptakan supply chain visibility. Ada tiga factor yang patur dicermati oleh kita jika ingin membangun toko e-commerce yaitu : Variability, Visibility, dan Velocity .
Beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk penyelidikan sebelum memutuskan untuk terjun ke pasar online :
Process conducting dalam penyelidikan :
- Mendefinisikan targer pasar
- Menidentifikasikan kelompok untuk dijadikan pembelajaran
- Indentity topk untuk diskusi.
- Identity letak demografi website di tempat tertentu
- Memutuskan focus editorialnya
- Memutuskan isi dari contentnya
- Memutuskan pelayanan yang dibuat untuk berbagai type pengunjung
Ternyata tidak mudah mengimplementasikan eCommerce dikarenakan banyaknya faktor yang terkait dan teknologi yang harus dikuasai. Tulisan (report) ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang teknologi apa saja yang terkait,standar-standar yang digunakan, dan faktor-faktor yang harus diselesaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar