Breaking News

E-Commerce

Definisi

E-Commerce ( Elecronic Commerce )

E-Commerce merupakan cara berdagang atau berbisnis dalam media online yang dibuat dalam bentuk website melalui internet,dimana website itu sendiri berisi detil barang-barang yang diperjual-belikan agar mempermudah bagi pembeli dalam memahami kriteria barang yang akan mereka beli.
Pada era yang serba maju seperti ini banyak pebisnis yang mau tak mau bisnis yang dijalani secara konvesional harus dikecimpungkan kedalam bisnis online.Ini dimaksudkan agar barang dagangan yang berada disuatu perusahaan atau toko dapat diakses melalui jaringan internet oleh para calom pembeli,sehingga pebisnis tidak perlu bersusah payah dalam pemasarannya.

Proses E-Commerce:
  1. Pembuatan wesite untuk produk dan layanan
  2. Pemesanan secara langsung dan adanya tagihan
  3. Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor kartu kredit maupun nomor rekening)
  4. Penaganan pembayaran yang dilakukan secara langsung(Online) dan penanganan transaksi.
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan media Online channel yang biayanya lebih murah
  • Mengurangi atau menekan biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas,seperti percetakan,biaya pos surat,report,dan sebagainya
  • mengatasi keterlambatan dalam menggunakan transfer elektronik( pembayaran tepat waktu dan dapat langsung dicek )
  • Mempercepat pelayanan kepelanggan,dan pelayanan lebih responsif.
     Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu  integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri  dari tiga  lapis.  Pertama,  Insfrastruktur system distribusi  (flow of good)  kedua, Insfrastruktur  pembayaran  (flow of money) Dan Ketiga,Infrastruktur system informasi (flow of information). 
Dalam hal kesiapan infrastruktur ecommerce,  kami percaya bahwa logistics follow trade, bahwa semua transaksi  akan diikuti oleh perpindahan barang dari sisi penjual kepada pembeli. Agar  dapat terintegrasinya system rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa transportasi, hingga ke customer maka diperlukan integrasi  enterprise system untuk menciptakan  supply chain  visibility. Ada tiga  factor yang patur dicermati oleh kita jika ingin membangun toko  e-commerce yaitu :  Variability, Visibility,  dan Velocity . 

Beberapa tahapan yang dapat dilakukan  untuk penyelidikan sebelum memutuskan untuk terjun ke pasar online : 
Process conducting dalam penyelidikan :
  1. Mendefinisikan targer pasar
  2. Menidentifikasikan kelompok untuk dijadikan  pembelajaran
  3. Indentity topk untuk diskusi.
Dalam tahap penunjangnya maka dapat diselidiki  :
  1. Identity letak demografi website di tempat tertentu
  2. Memutuskan  focus editorialnya
  3. Memutuskan isi dari contentnya
  4. Memutuskan  pelayanan  yang dibuat untuk berbagai  type pengunjung
Ternyata tidak  mudah mengimplementasikan eCommerce  dikarenakan  banyaknya  faktor yang terkait dan teknologi yang harus dikuasai. Tulisan (report) ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang teknologi  apa saja yang terkait,standar-standar yang digunakan, dan faktor-faktor yang harus diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By